37 Tempat Wisata di Sukabumi Yang Lagi Hits dan Terpopuler

37 Tempat Wisata di Sukabumi Yang Lagi Hits dan Terpopuler

Konten [Tampil]



Tempat wisata di Sukabumi. Sukabumi ternyata memiliki pesona wisata yang luar biasa, mulai dari wisata pegunungan sampai tepi laut. Banyak tempat wisata di Sukabumi yang hits, kekinian, serta Instagramable.

Secara administrasi, Sukabumi ialah salah satu kota sekalian kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Cianjur di sisi timur, Kabupaten Bogor di sisi utara, Kabupaten Lebak di sisi barat, serta Samudra Hindia di sisi selatan. Kota sekalian kabupaten ini berjarak kurang lebih 100 kilometer dari Bandung serta 120 kilometer dari Jakarta.

Berikut sebagian tempat wisata Sukabumi selaku bahan rujukan wisata buat kamu yang lagi mau liburan di kota mochi ini.


Berikut Tempat Wisata di Sukabumi Yang Lagi Hits dan Terpopuler yang wajib kamu ketahui :


1. Kampung Adat Ciptagelar



Sekarang ini banyak desa ataupun perkampungan unik di bermacam wilayah yang dinaikan selaku objek wisata. Di Sukabumi juga terdapat, ialah Kampung Ciptagelar. Sesungguhnya tempat wisata di Sukabumi ini tidaklah objek wisata baru. Keunikan budaya yang berlangsung turun- temurun menjadikan kampung ini selaku destinasi tempat wisata di Sukabumi yang menarik buat didatangi.

Terletak di Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Kampung Ciptagelar sudah melindungi serta melestarikan budaya setempat sepanjang kurang lebih 650 tahun. Sayangnya, tempat wisata di Sukabumi yang satu ini lumayan susah diakses.


2. Kawah Ratu Gunung Salak



Dari namanya jelas kalau tempat wisata di Sukabumi ini berhubungan dengan vulkanis. Benar saja, Kawah Ratu ialah kawah aktif yang menghasilkan uap panas. Memanglah, tempat wisata ini kurang sesuai selaku destinasi wisata keluarga, sebab lumayan berisiko terlebih untuk kanak- kanak. Walaupun demikian, bukan berarti keelokan Kawah Ratu yang terletak di lereng Gunung Salak ini jadi percuma.

Tempat wisata di Sukabumi yang lagi hits ini jadi objek wisata kesukaan untuk para pecinta alam yang bahagia mendaki gunung. Buat dapat menikmati keelokan kawah ini, wisatawan wajib menempuh ekspedisi yang lumayan pelik, di mana wajib melewati jalan setapak yang terjal serta berliku kurang lebih sepanjang 3 jam. Tetapi, seluruh rintangan yang ditempuh sepanjang ekspedisi hendak terbayar dengan keelokan kawah dikala sukses mencapainya.


3. Situ Sukarame



Situ Sukarame merupakan mahakarya alam yang dikolaborasikan dengan kreativitas manusia, lokasinya terletak di sisi selatan kaki Gunung Salak. Dengan kelebihan berbentuk banyaknya macam wahana dalam satu kawasan.

Yang lagi hits dari Situ Sukarame Parakansalak yakni spot cafenya yang sangat berbeda serta nyatanya kekinian serta pula instagramable banget.

Alamat: Kampung Sukarame, Parakansalak, Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: Rp. 5. 000,- per orang


4. Jembatan Gantung Situ Gunung


Tempat Wisata di Sukabumi Yang Lagi Hits


Bila Situ Sukarame ada di kaki Gunung Salak, hingga Situ Gunung terletak di kaki Gunung Pangrango. Situ Gunung ialah tempat wisata di Sukabumi yang menaruh berjuta pesona, berjuta keelokan.

Salah satu spot wisata yang terkenal ialah Situ Gunung Suspension Bridge ialah jembatan gantung di tengah hutan terpanjang di Asia Tenggara.

Masih banyak lagi keseruan serta energi tarik yang dipunyai Situ Gunung, tidak heran bila senantiasa ramai didatangi baik hari- hari biasa ataupun hari libur. Situ Gunung Sukabumi telah menjadi tempat wisata di Sukabumi yang lagi hits beberapa tahun terakhir.

Posisi: Taman Wisata Alam Situ Gunung

Alamat: Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: Rp. 16. 000,- per orang


Baca Juga :

Tempat Wisata di Magetan Yang Lagi Hits dan Terpopuler


5. Curug Sawer Sukabumi


Tempat Wisata di Sukabumi Yang Lagi Hits


Destinasi tempat wisata di Sukabumi yang menarik yang lain merupakan Curug Sawer sukabumi. Air terjun tunggal dengan ketinggian kurang lebih 30 m ini terletak di kawasan wisata Sana Gunung.

Tidak cuma dapat menikmati air pegunungan yang jernih serta menyegarkan, wisatawan pula dapat memuaskan mata dengan memandang panorama air terjun yang asri.


6. Taman Selabintana


source : penawisatadotcom


Tidak mau jauh- jauh dari pusat Kota Sukabumi? Kamu dapat mendatangi Taman Tamasya Selabintana. Tempat wisata di Sukabumi ini terletak di bagian utara Kota Sukabumi yang berjarak dekat 7 kilometer dari pusat kota. Objek yang disuguhkan tidak kalah menarik dengan tempat- tempat wisata yang lain. Di mari ada hamparan rumput hijau yang luas serta bersih begitu indah serta melegakan.

Tempat wisata ini jadi kesukaan banyak keluarga buat mengisi liburan akhir minggu apalagi kala libur panjang. Areal taman yang luas membolehkan buat bersantai sembari rebahan di rumput menikmati atmosfer yang tenang serta asri.

Asyiknya, di Taman Tamasya Selabintana ini dilengkapi dengan bermacam- macam sarana yang kian menaikkan kepuasan wisatawan. Sebut saja kolam renang, playground, posisi kemah, penginapan, perkebunan teh, hutan lindung, zona parkir yang nyaman serta luas, mushola, wc, game ATV, flying fox, serta yang lain.


7. Geopark Ciletuh


Tempat Wisata di Sukabumi
source : kawarangpost


Geopark Ciletuh ialah tempat wisata di Sukabumi yang mempunyai pesona luar biasa. Tempat wisata ini menyuguhkan paket keelokan alam yang memesona. Kenapa diucap paket? Geopark Ciletuh menawarkan panorama pegunungan, tepi laut, bukit, air terjun, serta pula bebatuan purba yang sangat menarik mata serta hati.

Terletak di Kecamatan Ciemas, tempat wisata ini bisa ditempuh dekat 5 jam dari pusat Kota Sukabumi.

Tidak hanya paket panorama alam yang lengkap, tempat wisata di Sukabumi ini pula mempunyai keunikan terpaut dengan beradaan air terjunnya. Ya, di mari tidak cuma satu air terjun yang dapat dinikmati keindahannya, namun terdapat 4 ialah Curug Cimarinjung, Cikanteh, Ngelay, serta Puncak Manik.


9. Goa Buniayu


Tempat Wisata Sukabumi


Sukabumi tidak cuma menaruh kemampuan wisata alam pegunungan saja, namun pula perut bumi. Merupakan Goa Buniayu selaku tempat wisata di Sukabumi yang pantas ditaklukkan. Tidak semacam taman tamasya, Goa Buniayu kurang cocok dengan destinasi wisata keluarga, sebab memanglah medannya lumayan rumit serta pastinya bukan playground yang nyaman buat kanak- kanak. Tempat wisata ini jadi tantangan tertentu untuk para pecinta petualangan.

Goa Buniayu menyuguhkan lorong yang terjal dengan fosil- fosil koral laut pada dindingnya. Buat menyusuri goa ini, diperlukan energi raga yang kokoh sebab sekali lagi medannya lumayan susah, yang bukan berbentuk jalan lurus saja, namun wajib lewat danau lumpur. Tidak hanya itu, wisatawan pula wajib sigap serta berjaga- jaga dalam memanjat tebing, melewati tumpukan batu, serta yang lain. Berpetualang di tempat wisata ini memerlukan waktu dekat 5 jam. Supaya lebih nyaman, dianjurkan memakai jasa pemandu yang lebih memahami medan di dalam goa.


10. Sungai Citarik


tempat wisata sukabumi


Jangan menyepelehkan sungai yang satu ini. Sungai Citarik ialah tempat wisata di Sukabumi dengan pesona yang tidak kalah menarik dengan tempat wisata yang lain. Walaupun demikian, Sungai Citarik mempunyai keunikan tertentu. Andalan dari tempat wisata ini merupakan arus sungai yang lumayan deras sehingga dapat digunakan buat arung jeram.

Tidak hanya itu, ada pula sarana lain yang tidak kalah menarik semacam flying fox, team building, paint ball, serta lain sebagainya. Sungai Citarik umumnya digunakan buat aktivitas outbound industri, sebab seluruh tipe sarana yang ada bertabiat membangun kerja sama regu.


Baca Juga :

Tempat Wisata di Magetan Yang Lagi Hits dan Terpopuler


11. Sungai Cicatih


wisata sukabumi terdekat


Seragam tetapi tidak sama. Ungkapan ini cocok buat menggambarkan Sungai Cicatih dengan Citarik. Selaku salah satu tempat wisata di Sukabumi, Sungai Cicatih pula menawarkan pesona alam yang mendebarkan. Sarana andalan dari tempat wisata ini pula arung jeram. Tetapi butuh dikenal kalau kepribadian dari Sungai Cicatih dengan Citarik sangatlah berbeda.

Sungai Cicatih‘ lebih garang’ sebab arusnya lebih deras, dimensi sungai lebih lebar, serta jalan game arung jeram lebih panjang, sehingga lebih menantang.


12. Pantai Cimaja


pantai yang bagus di sukabumi


Siapa bilang surfing cuma dapat dicoba di Bali? Di Sukabumi pula dapat dipakai buat surfing. Pantai Cimaja ialah tempat wisata di Sukabumi yang menawarkan keelokan alam tepi laut dengan sajian ombak tepi laut selatan yang populer‘ keganasannya’.

Walaupun demikian, ombak di Tepi laut Cimaja ini lumayan bersahabat. Para pecinta surfing pastilah telah mengetahui tempat wisata pantai yang bagus di Sukabumi yang satu ini. 


13. Pantai Cibangban


Tempat wisata pantai yang bagus di Sukabumi yang lain yang tidak kalah memesona yaitu Pantai Cibangban. Tetapi, tepi laut ini mempunyai kepribadian yang berbeda dengan Pantai Cimaja. Ombak di Pantai Cibangban tidak sangat besar sehingga nyaman buat bermain untuk kanak- kanak. Tidak hanya bermain ombak, wisatawan tepi laut ini pula dapat bermain pasir.


14. Pantai Ujung Genteng


Tepi laut Ujung Genteng merupakan salah satu panntai yang lumayan populer di Sukabumi. Atmosfer yang tenang, panorama alam yang indah, serta pula ada penangkaran penyu yang dapat kamu kunjungi pula.


15. Curug Cikaso


Salah satu air terjun yang populer di Sukabumi merupakan Curug Cikaso. Air terjun ini mempunyai keunikan tertentu. Terdiri dari 3 jatuhan air terjun, Curug Cikaso mempunyai lebar kurang lebih 100 m lho.


16. Curug Cimarinjung



Curug Cimarinjung ialah bagian dari kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu, yang terletak di zona sawah serta hutan dengan mempunyai besar dekat 50 m.

Yang sangat luar biasa yakni Curug Cimarinjung menghadap langsung ke arah Samudera Hindia, dimana aliran airnya langsung mengalir ke Curug Ciletuh.

Keseruan yang bisa kalian jalani di Curug Cimarinjung pasti saja bermain air ataupun mandi di kolam natural dekat curug, serta jangan lupa buat hunting sebagian gambar yang kece. Destinasi wisata Sukabumi yang satu ini tidak boleh ketinggalan.

Alamat: Kp. Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 07. 00– 17. 00

Tiket masuk: seikhlasnya


17. Tebing Panenjoan


Tidak lengkap kunjunganmu di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu Sukabumi tanpa mendatangi Tebing Panenjoan, sebab tempat wisata yang satu ini bisa dibilang pintu masuk Geopark Ciletuh.

Dimana kalian hendak bisa melihat keelokan alam yang terdapat di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu dari atas ketinggian dekat 250 mdpl.

Hingga tidak heran bila tempat wisata di Sukabumi ini kerap diucap selaku Mega Amphitheater yang menyajikan harmonisasi alam yang sangat sempurna serta indah banget.

Alamat: Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: free, cuma bayar parkir saja


18. Bravo Adventure


Tempat Wisata di Sukabumi Yang Lagi Hits


Bravo Adventure tempat yang pas buat kalian yang mau glamping seru bersama keluarga, tetapi dengan atmosfer alam yang indah serta sejuk.

Dimana kalian tidak butuh repot- repot mendirikan tenda, dan bawa seluruh peralatan yang terdapat. Sarana yang didapat juga semacam menginap di hotel bintang 5.

Alamat: Kp. Bantar Selang, Desa Cikidang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 24 jam

Harga per malamnya: mulai dari Rp. 350. 000,-


Baca Juga :

Tempat Wisata di Berastagi Yang Lagi Hits dan Terpopuler


19. Geyser Cisolok


Geyser Cisolok ialah tempat wisata yang unik, dimana kalian hendak memandang secara langsung air menyembur dari dalam tanah dengan temperatur yang bisa menggapai 100 derajat.

Sehingga banyak digunakan oleh wisatawan yang tiba dengan iktikad buat menyembuhkan penyakit kulit maupun bermacam penyakit yang lain.

Alamat: Kampung Cipanas, Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 06. 00– 17. 00

Tiket masuk: Rp. 8. 000,-


20. Bukit Karang Numpang


Cocok namanya Bukit Karang Numpang mempunyai banyak batuan karang yang silih bertindihan satu sama lain, sehingga nampak sangat menarik serta luar biasa.

Bukit Karang Numpang umumnya digunakan buat melaksanakan camping serta menikmati keelokan alam selama malam. Dan menikmati sunrise yang menawan di pagi harinya.

Alamat: Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: Rp. 3. 000,-


21. Karang Para


Tidak hanya Bukit Karang Numpang, Sukabumi pula mempunyai Bukit Karang Para yang bersama mempunyai batuan karang selaku primadona.

Dimana kalian hendak memperoleh panorama alam gunung yang gagah, pepohonan yang rindang, sawah yang terbentang luas, hawa sejuk, dan batuan karang yang berantakan tidak karuan.

Bukit Karang Para pula dilengkapi dengan sebagian wahana lain, yang bisa dijadikan pula selaku spot buat difoto. Dimana sebagian spot gambar yang terdapat mewajibkan buat membayar bayaran bonus.

Alamat: Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: Rp. 5. 000,-


22. Pantai Amanda Ratu



Pantai Amanda Ratu ataupun Tepi laut Muara Cikarang, ataupun diucap pula dengan Asabaland, ialah suatu tepi laut di Ujung Genteng yang viewnya banyak disandingkan dengan Tanah Lot yang terdapat di Bali.

Pantai ini mempunyai landscape alam yang indah dengan hiasan tebing besar dan batu karang yang terletak di dekat tepi laut. Serta buat mengarah bibir pantai, kalian wajib turun ke dasar terlebih dulu.

Alamat: Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: Rp. 5. 000,- untuk motor serta Rp. 10. 000,- untuk mobil


23. Santa Sea Waterpark


Santa Sea Waterpark ialah wahana modern yang terdapat di Kabupaten Sukabumi dengan menempati lahan seluas 2, 5 hektar, serta mempunyai banyak wahana game air sampai spot buat difoto.

Tidak heran bila Santa Sea Waterpark senantiasa ramai terlebih di akhir minggu, dimana banyak keluarga yang lagi menghabiskan waktu bersama.

Alamat: Jalan. Lio Santa, Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 09. 00– 16. 00

Tiket masuk: Rp. 35. 000,-


24. Pantai Cicalidi


PantaiCicalidi lokasinya bersebelahan dengan Pantai Karang Bolong, dengan tebing- tebing karang berpadu bersama deburan ombak yang tiba silih berubah.

Keseruan yang bisa kalian jalani kala terletak di Pantai Cicalidi antara lain camping, memancing, dan menikmati keelokan alam yang nampak sangat luar biasa. Cuma saja akses mengarah Pantai Cicalidi lumayan menantang.

Alamat: Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: gratis


25. Pantai Karang Hawu


Pantai Karang Hawu tercantum kedalam rangkaian Pantai Pelabuhanratu, yang dikala ini muncul dengan wajah baru dan terdapatnya sebagian spot gambar yang ikonik.

Pantai Karang Hawu mempunyai deburan ombak yang lumayan kencang, tetapi yang sangat menarik yakni terdapatnya kedatangan 7 sumur Pantai Karang Hawu.

Tidak hanya mempunyai keelokan tepi laut yang bagus, Pantai Karang Hawu pula mempunyai cerita mistis serta mitos yang lumayan kental.

Alamat: Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: free, cuma membayar parkir saja.


26. Wisata Bukit Baros


Wisata Bukit Baros mempunyai hamparan tumbuhan pinus yang banyak di lahan seluas 28 hektar, sehingga hawa yang dialami sejuk serta adem banget.

Tidak hanya itu, dilengkapi pula dengan sebagian sarana yang pasti saja menarik. Serta yang tidak boleh kalian lewati yakni mendatangi suatu pabrik keju yang lokasinya terletak di dekat Bukit Baros.

Alamat: Kampung Cihuis, RT 11 RW 04, Sasagaran, Kebon Pedes, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 08. 00– 16. 000

Tiket masuk: Rp. 25. 000,-


27. Camp Bravo


Bila Barvo Adventure membagikan pengalaman glamping di tenda yang menyamai bawang putih, lain halnya di Camp Bravo dimana kalian hendak merasakan camping dengan atmosfer camping yang sangat khas.

Tempat campingnya lumayan luas, ialah dengan menempati zona seluas 3 hektar dengan struktur yang berundak- undak mirip undakan sawah.

Di tengahnya ada sungai yang mengalirkan air yang sangat jernih, yang hendak menemanimu selama malam.

Alamat: Desa Manglid, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: mulai dari Rp. 75. 000,-


28. Puncak Peuyeum


Puncak Peuyeum ialah salah satu tempat camp di Sukabumi yang membagikan sensasi negara di atas awan, sebab ialah dataran paling tinggi di Desa Ciengang ialah dekat 900 mdpl.

Di Puncak Peuyeum kalian bisa melihat keelokan alam yang terdapat di Sukabumi, jangan kurang ingat buat melihat indahnya sunset dan cantiknya sunrise di pagi hari.

Alamat: Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: Rp. 10. 000,-


29. Pantai Pelabuhan Ratu



Tidak lengkap liburanmu di Sukabumi tanpa mendatangi Pantai Pelabuhan ratu, suatu pantai yang mempunyai cerita mistis yang lumayan kental tetapi panorama alamnya sangat khas.

Perpaduan antara tepi laut yang curam serta landai, terdapat pula cagar alam yang berbentuk hutan serta gunung dan batuan karang yang terjal. Pantai Pelabuhan Ratu menjadi salah satu pantai bagus di Sukabumi.

Pantai Pelabuhan Ratu tidak sempat hening wisatawan serta senantiasa ramai terlebih di akhir minggu maupun hari libur yang lain.

Posisi: Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: free, cuma bayar parkir saja


30. Pondok Halimun


Sukabumi mempunyai tempat wisata alam yang sangat legendaris serta telah populer semenjak era dahulu. Tempat wisata alam tersebut bernama Pondok Halimun.

Selaku suatu tempat buat menggelar tenda serta menikmati atmosfer alam dengan ketinggian dekat 1. 000 mdpl. Sarana yang terdapat di Pondok Halimun lengkap serta bersahabat buat anak, tidak hanya itu kalian pula bisa eksplor sebagian wisata alam lain yang terdapat di sekitarnya.

Posisi: di perbatasan Desa Perbawati serta Sudajaya Girang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: bergantung pada kendaraan yang digunakan mulai dari Rp. 3. 000,- hingga Rp. 100. 000,-


31. Curug Cikanteh Sukabumi


Curug Cikanteh mempunyai 3 tingkatan air terjun dengan nama yang berbeda- beda. Curug Cikanteh mempunyai besar dekat 60 m, dengan wujud air terjun yang berundak- undak.

Buat mengarah Curug Cikanteh kalian wajib melaksanakan trekking terlebih dulu, dengan menyusuri jalan setapak dengan jalan menanjak.

Perjuangan tersebut hendak terbayarkan kala terletak di dekat Curug Cikanteh, jangan lewati buat bermain segarnya air yang mengalir.

Posisi: Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Tiket masuk: Rp. 3. 000,-


32. Curug Sodong


Curug Sodong diucap pula dengan nama Curug Kembar sebab mempunyai 2 aliran air terjun, lokasinya terletak satu kawasan dengan Curug Cikanteh.

Buat menikmati Curug Sodong kalian tidak butuh trekking jauh- jauh, sebab lokasinya telah nampak dari zona parkir kendaraan.

Posisi: Kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu

Alamat: Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Tiket masuk: Rp. 3. 000,-


33. Curug Caweni


Yang menarik wisatawan dari Curug Caweni yakni terdapatnya suatu arca yang menyamai seseorang gadis yang lagi bersandar di bilik tebing dengan besar dekat 7 m.

Besar dari Curug Caweni sendiri dekat 15 sampai 20 m, wujud aliran airnya lumayan lebar ke samping. Aliran air dari Curug Caweni ini sangat bergantung pada masa.

Trekking mengarah Curug Caweni cuma butuh menuruni anak tangga yang telah tertata dengan baik, dan dilengkapi pula dengan spot gambar yang tidak boleh dilewatkan.

Posisi: Kp. Cilutung, Desa Cilutung, Kecamatan Cidolog, Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 07. 00– 17. 00

Tiket masuk: Rp. 5. 000,-


34. Curug Cigangsa


Curug Cigangsa diucap pula dengan Curug Luhur, serta mempunyai 2 tahapan ialah tahapan atas serta pula tahapan dasar. Dimana tahapan atas dari Curug Cigangsa memiliki wujud berlapis- lapis semacam kue lapis legit.

Keunikan lain dari Curug Cigangsa yakni wujud curugnya terjalin akibat gerakan gempa yang sangat kokoh, sehingga wujudnya sangat unik serta nampak luar biasa.

Posisi: kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu

Alamat: Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: gratis


35. Curug Bibijilan


Curug Bibijilan Sukabumi


Curug Bibijilan mempunyai wujud curug menawan mirip semacam yang terdapat di Sumba, apalagi kerap diucap“ sumbanya sukabumi”. Dimana curug ini mempunyai 14 tingkatan serta tiap tingkatannya mempunyai ciri yang berbeda- beda.

Air yang mengalir lumayan deras serta bersih, kolam alaminya bercorak hijau toska. Di dekat Curug Bibijilan alamnya masih sangat asri. Hingga tidak heran bila Curug Bibijilan kerap pula jadi tempat outbound.

Terlebih bila kalian lagi eksplor Goa Buniayu, Curug Bibijilan umumnya dimasukkan ke dalam list wisatanya. Sebab lokasinya yang memanglah bersebelahan.

Posisi: Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 08. 00- 18. 00

Tiket masuk: Rp. 6. 000,-


36. Curug Awang


Niagara Falls nya Sukabumi, seperti itu julukan yang disematkan pada Curug Awang. Curug ini mempunyai ketinggian dekat 40 m dengan lebar 60 m.

Curug Awang terletak diantara pesawahan, dihiasi dengan rimbunnya pepohonan. Atmosfer asri tersebut telah bisa kalian rasakan dikala merambah zona Curug Awang.

Tidak hanya menikmati Curug Awang dari zona dasar, kalian pula bisa menikmatinya dari atas Curug Awang. Itu cuma bisa dicoba kala airnya lagi surut ya…

Posisi: kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu

Alamat: Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: Rp. 3. 000,-


37. Curug Sentral Sukabumi



Curug Sentral Sukabumi mempunyai 7 curug ataupun air terjun, ialah Curug Sentral 1 sampai Curug Sentral 7. Dan mempunyai keelokan alam yang masih asri serta indah yang sayang buat kalian lewatkan.

Buat bisa menikmati keelokan Curug Sentral kalian wajib melaksanakan trekking terlebih dulu, kira- kira sepanjang 500 m dengan jalan yang relatif datar.

Posisi: dekat dengan Cevron Geothermal Salak ltd.

Alamat: Kampung Jayanegara RT 01 RW 01, Desa Jayanegara, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam buka: 07. 00– 17. 00

Tiket masuk: Rp. 5. 000,- 



Baca Juga :

Tempat Wisata di Malang Yang Lagi Hits dan Terpopuler



LihatTutupKomentar